#FiksiKopi 7

♫ no matter how hard you try you can’t stop us now.. ♫,

lagu provokatif itu tak memicu ‘kemarahanku’ melawan mesin ini ternyata. Hmm, ini hanya mesin willys tua. Kususuri aliran sungai Tarum Timur kearah barat, yang kutahu arah ini menuju kesebuah tempat yang mempunyai sejarah kekerasan tempo dulu, tempat diantara Karawang dan Bekasi.

Teringat kira – kira 60 tahun lalu, sekitar 400an orang mati di bedil KNIL, ribuan malah jika menurut versi Chairil. Peristiwa pembantaian itu bermula dari buronnya seseorang bernama Lukas oleh Belanda. Runutannya, setelah perjanjian renville berhasil ternyata KNIL masih ingin tengil, mereka kemudian mencari satu orang yang diduga adalah pimpinan tentara Siliwangi. Kemudian tanpa tedeng aling – aling KNIL membantai orang – orang di sebuah desa yang diduga menjadi tempat persembunyian sang buron, dan pada akhirnya mereka yang tidak berdosa yang menjadi korban.

Peristiwa keji itu kini dikenal dengan pembantaian Rawa Gede. Beritanya memang kembali santer akhir – akhir ini. Yang terakhir beredar, pada akhirnya Belanda akan memberikan ganti rugi berupa materi kepada keluarga orang – orang  yang telah menjadi korban kejahatan kemanusiaan mereka itu. Betapa pada akhirnya nyawa – nyawa yang melayang itu diganti uang saja, ya! Pada akhirnya uang memang benar – benar berfungsi sebagai alat tukar.

Dan tanpa sadar jeepku kini ternyata mengarah ke utara, mungkin aku akan benar – benar melewati tempat pembantaian itu, di rawa gede, tapi entah apa namanya tempat itu sekarang. Selang kemudian kudapati jeep ku ini sudah berada di tepi pantai. Cihh! Dimana ini??, aku tersesat.

Kenang – kenanglah kami, yang tinggal tulang – tulang diliputi debu..beribu kami mati, antara Karawang – Bekasi.. (chairil anwar, dalam Karawang – Bekasi)

*diambil dari kumpulan cerita fiksi ber-taggar #FiksiKopi dari akun twitter @antorology

Iklan
Categories: prosa | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: